BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 17 Februari 2011

CARA MENGHUBUNGKAN KOMPUTER 1 DENGAN YANG LAINNYA

Sebuah komputer,di mana satu komputer terhubung dengan komputer-komputer yang lain,memiliki beberapa perangkat keras yang dibutuhkan.Perangkat-perangkat sebuah jaringan komputer adalah sebagai berikut;

1.Server
        Server adalah komputer yang mempunyai sistem operasi,aplikasi,dan database yang menyediakan layanan kepada komputer-komputer lain dalam jaringan.Komputer server juga berfungsi sebagai gteway atau gelombang komputer client untuk mengakses internet.

2.Client
         Komputer client adalah komputer yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang di ambil dari server.Komputer client menerima pelayanan dari komputer server.

3.Kartu Jaringan
          Kartu jaringan atau LAN Card adalah perangkat keras jaringan yang dipasang di motherboard komputer yang terdapat di jaringan (baik server maupun client)
          Kartu jaringan memungkinkan komputer-komputer yang terdapat dalam jaringan saling berkomunikasi dan mempertukarkan data-data.
4.Hub
        Hub berfungsi untuk membagi signal data dari LAN Card dan sebagai penguat signal.Hub memungkinkan sebuah kabel dari komputer server dihubungkan ke beberapa komputer client.Hub juga memungkinkan jarak komputer yang dihubungkan oleh kabel jaringan menjadi lebih jauh.

5.Kabel dan Konektor
       Kabel dan konektor adalahkabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain.kabel yang umum digunakan dijaringn adalah kabel UTP

6.Repeater
       Repeater berfubgsi untuk memperkuat signal di jaringan.Repeater menguatkan signal yang diterima dari komputer pengirim,sehingga kekuatan signal sama dengan kekuatan aslinya.Dengan menempatkan repeater maka jarak antar komputer di jaringan dapat dibuat semakin jauh.

8.Router
         Router berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu jaringan ke jaringan yang lain.Dengan adanya router maka arus data dari satu LAN dapat diisolasi dari arus Lan yang lain.Dengan demikian,arus data dari satu LAN tidak bercampur-baur dengan arus data dari LAN yang lain.
         AAda dua jenis router yang biasa digunakan,router dedicated yang merupakan keluaran dari pabrik dn router PC.Router PC adalah komputer PC yang di buat menjadi router.

0 komentar: